Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Anak Usia Dini Terhadap Perkembangan Psikomotorik Anak Pendidikan Anak Usia Dini Anugerah Alukh Bakhu

Elda Buana Gurning, Ester Panjaitan, Aldi Aldi

Abstract


Abstract: Teacher professional competence is the ability to understand extensive and in-depth material is the basis for teachers to guide children in meeting National Education Standards. As a professional PAUD teacher, we are not only competent in mastering teaching materials and using the right methods, but also develop programs in carrying out their functions as teachers, so that teaching procedures and learning get a maximum position. The influence of a teacher during child development. This study aims to determine how much influence the professional competence of PAUD teachers has on the psychomorphic development of PAUD children. The author uses quantitative descriptive methods to derive values from independent variables and dependent variables. This research data was processed with Static Product and Service Solutions (SPSS) version 23. Based on the test data, this study shows that there is a significant linear relationship between the variables of professional competence of PAUD teachers (X) and the variables of psychomotor development of PAUD children (Y). The bivariate correlation test above, obtained a sig value (2-tailed) between variables of the influence of professional competence of PAUD teachers on children's psychomotor development of 0.048. Because the Sig value of 0.048 ≤ 0.005 can be obtained a significant relationship between the two variables. The R Square value is known to be 0.660 or 66.0%, indicating that about 66.0% of the child's psychomotor development variable (Y) is influenced by the professional competence of PAUD teachers (X). The remaining 34.0% were influenced by variables that were not studied in this study.

Keywords: Child, teacher, competence, PAUD, developmental, professional, psychomotor.

 

Abstraksi: Kompetensi profesional guru iyalah kemahiran unutuk memahami materi yang ekstentif dan mendalam menjadi dasar bagi guru untuk membimbing anak-anak dalam memenuhi Standar Pendidikan Nasional. Sebagai guru PAUD yang profesional bukan sekadar kompeten dalam menguasai bahan ajar dan menggunakan cara yang benar, namun juga mengembangkan program dalam menjalankan fungsinya sebagai pengajar, sehingga prosedur mengajar belajar beroleh posisi yang maksimal. Pengaruh seorang guru saat perkembangan anak. Penelitian ini bermaksud mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi profesional guru PAUD terhadap perkembangan psikomorik anak PAUD. Penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mendapat nilai dari variabel bebas dan variabel terikat. Data penelitian ini diolah dengan Statical Product and Service Solutions (SPSS) versi 23.  Berdasarkan uji data penelitianini menunjukan bahwa ada hubungan linear secara signifikan antar variabel kompetensiprofesional guru PAUD (X) dengan variabel perkembangan psikomotorik anak PAUD (Y). Uji korelasi bivariate diatas, memperoleh nilai sig (2-tailed) antara variabel pengaruh kompetensi profesional guru PAUD terhadap perkembangan psikomotorik anak sebesar 0,048. sebab nilai sig 0,048 ≤ 0,005 maka dapat diperoleh hubungan secara signifikan antara kedua variabel. Nilai R Square diketahui ialah 0.660 ataupun 66.0% menunjukan sekitar 66.0% variabel perkembangan psikomotorik anak (Y) dipengaruhi kompetensi profesional guru PAUD (X). Sisanya 34,0% dipengaruhi sebab variabel yang bukan diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Anak, Guru, Kompetensi, PAUD, Perkembangan, Profesional, Psikomotorik.

Full Text:

PDF

References


Kristen, Remaja, and Jaya Hang. “Pengaruh Konseling Terhadap Pembentukan Karakter” 2, no. 2 (2021): 111–119.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Fakharuddin, Asef Umar. 2019. Panduaan Guru PAUD Berdasarkan Permendikbud No. 137 Tahun 2014. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Febriana, Rina. 2021. Kompetensi Guru. Bekasi: Bumi Aksara.

K, JM Tedjawati. 2017. Model Pendidikan Anak Usia Dini Satu Tahun Sebelum Sekolah Dasar Kajian Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal dan Pendidikan Masyarakat. Jakarta.

Mariyati, Lely Ika dan Rezania, Vanda. 2021. Buku Ajar Psikologi perkembangan Manusia 1. Sidoarjo: Umsida Press

Masykouri, Alzena. 2011. Mengasah Ketrampilan Bergerak Anak Usia 4-6 Tahun. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Nurhadi, Ali. 2016. Profesi Keguruan: Menuji Pembentukan Guru profesional. Kuningan: Goresan

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi, Regresi dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

S, Maya. 2021. Psikologi Perkembangan Anak: Memaksimalkan Pertumbuhan Dan Kemampuan Buah Hati. Yogyakarta: C-Klik Media

Situmorang, Jonar. 2021. Etika dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta: PBMR Andi.

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wibowo, Ferry. 2022. Ringkasan Teori-Teori Dasar Pembelajaran. Bogor: Guepedia.




DOI: https://doi.org/10.57069/haggadah.v5i1.6993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.