Pengembangan Diri Pendeta dan Pelayanannya melalaui Pendidikan Teologi: Studi Kasus di Gereja Pentakosta Sumatera Timur Dua

Joel Nababan, Kogilambal Kogilambal, Maringan Pahala Siregar

Abstract


This study aims to see the influence of theological education on the self-development of God's servants and their ministry in the Pentecostal Church of East Sumatra Dua. This research method is quantitative. The population used is the distribution of questionnaires. The results of this study indicate that theological education has a positive and simultaneous effect on the self-development of God's servants and their ministry in the Pentecostal Church of East Sumatra Dua. The histogram graph analysis shows that the data is normally distributed from the normality test results. It can be seen from the lines on the graph data, which show that the lines follow the bar chart and do not deviate to the left or right. The Heteroscedasticity Test concluded that the points spread randomly both above and below the number 0 on the Y-axis. It was also seen that these points did not form a particular pattern. The Coefficient of Determination Test shows that the result of the Theological Education Influence test is 0.074. This shows that Variable X Theological Education influences Y1 Self-development of God's servant. And variable X to variable Y2 from the theological education test results of 0.029. It also shows that variable X influences theological education on Y2 of his ministry. The results of this study show that theological education has a positive and significant effect on the self-development of God's servants and their ministry at the Pentecostal Church of East Sumatra Dua.

 

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendidikan teologi terhadap pengembangan diri hamba Tuhan dan pelayanannya di Gereja Pentakosta Sumatera Timur Dua. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah penyebaran angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan teologi berpengaruh positif dan simultan tehadap pengembangan diri hamba Tuhan dan pelayanannya di Gereja Pentakosta Sumatera Timur dua. Dari hasil Uji Normalitas analisa Grafik Histogram menunjukkan bahwa data terdistribusi normal hal itu terlihat dari garis pada data grafik menunjukkan garis mengikuti daigram batang dan tidak melenceng ke kiri atau ke kanan. Dalam Uji Heteroskedastitis menyimpulkan bahwa titik-titik menyebar dengan acak baik diatas maupum dibawah angka 0 pada sumbu Y, dan juga terlihat titik-titik tersebut tidak membentuk suatu pola tertentu. Dalam Uji Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa hasil uji Pengaruh Pendidikan Teologi adalah sebesar 0,074. Hal ini menunjukkan bahwa Variabel X Pendidikan Teologi mempengaruhi Y1 Pengembangan diri hamba Tuhan. Dan Variabel X terhadap variabel Y2 dari hasil Uji pendidikan teologi sebesar 0,029. Hal ini juga menunjukkan bahwa variabel X pengaruh pendidikan teologi mempengaruhi Y2 pelayanannya. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa penidikan Teologi berpengaruh posotif dan signifikan terhadap pengembangan diri hamba Tuhan dan Pelayanannya di Gereja Pentakosta Sumatera Timur Dua.


Full Text:

PDF

References


Brotosudarmono Em. Dr. R.M. Drie S “Seni Berkhotbah dan Publick Speaking Yogyakarta” 2017:105

Charles C. Ryrie. Teologia Dasar 2 Yogyakarta ANDI (2004: 36)

Brotosudarmo. R.M. Drie S, Dr. 2017. Pembinaan Warga Gereja selaras dengan Tantangan Zaman, Yogyakarta ANDI

Charles C. Ryrie. Teologia Dasar 2 Yogyakarta ANDI (2004: 36)

Brotosudarmo. R.M. Drie S, Dr. 2017 Pembinaan Warga Gereja selaras dengan Tantangan Zaman, Yogyakarta ANDI

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka, 1997:64

Gula Richard M. Gula Etika Pastoral: Dilengkapi dengan Kode Etik (Yogyakarta: Kanisius) 2009

Kotler, Philip, Marketing Management, Prentice Hall, New Jersey 2003:464

Kalis Stevanus, 2017 Menyusun Khotbah yang Dinamis dan Efektif,Yogyakarta: ANDI 2017:201

Mardiatmadja B.S. Tantangan dunia pendidikan (Yogyakarta: Kanisius) 1986:19

Marmawi, “Persamaan Gender dalam Pengembangan Diri, Jurnal Visi Pendidikan” 176

Munroe Myles The Spirit Leadership, Jakarta Immanuel” 2002

Newman Barcaly M. Kamus Yunani-Indonesia, Jakarta: BPK Gunung Mulia

Poerwadarminta W.J.S. Kamus Umum bahasa Indonesia, Jakarta Balai Pustaka 1986:1054

Tarmudji Tarsis “Pengembangan Diri, (Yogyakarta: Liberty Yogyakarta” 1998:29

Veldhuis Henri. 2010. Kutahu yang Kupercaya, Jakarta BPK Gunung Mulia :2010:22




DOI: https://doi.org/10.57069/haggadah.v3i2.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.