Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Mengajarkan Konsep Keselamatan bagi Remaja Masa Kini

Dina Kristiani, Paulus Kunto Baskoro

Abstract


Salvation is very important in the Christian faith. Teaching the concept of safety to today’s youth is very important. Seeing the condition of today’s youth, not many know the concept of salvation in the Christian faith. Most who know this are teenagers studying theology or Christian religious education, unlike teenagers from junior high school-high school-secular colleges. The method used is the descriptive literature method. This study will discuss how to teach the concept of safety to today’s youth using learning media so that they can run more effectively and efficiently. So that today’s youth get a true understanding of the meaning of salvation and their lives remain steadfast in following Jesus Christ.

  

Abstrak

Keselamatan adalah hal yang sangat penting dalam iman kekristenan. Mengajarkan konsep keselamatan bagi para pemuda masa kini sangat penting untuk dilakukan. Melihat kondisi remaja masa kini tidak banyak yang mengetahui konsep keselamatan iman Kristen. Mayoritas yang menge-tahui hal tersebut adalah remaja-remaja yang kuliah di bidang teologi atau pendidikan agama Kristen, berbeda dengan remaja SMP-SMA-Kuliah sekuler. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif literature. Penelitian ini akan membahas tentang cara mengajarkan konsep keselamatan bagi remaja masa kini melalui pemanfaatan media pembelajaran supaya dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Sehingga remaja masa kini mendapatkan pemahaman yang benar tentang makna kese-lamatan dan hidup mereka tetap teguh dalam pengikutan kepada Yesus Kristus.


Full Text:

PDF

References


Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106.

Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, and Paulus Purwoto. “Model Dan Strategi Pembelajaran Yesus Berdasarkan Injil Sinoptik Dan Implementasinya Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.

Baskoro, Paulus Kunto. “Konversi Di Kalangan Orang Percaya: Analisis Biblika Kata ‘Murtad’ Menurut Ibrani 3:12.” Jurnal Teologi Amreta (ISSN: 2599-3100) 5, no. 1 (2021).

———. “Landasan Psikologis Pendidikan Kristen Dan Relevansinya Dalam Pendidikan Kristen Masa Kini.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 1 (2020): 47–67.

———. “Prinsip-Prinsip Keluarga Kristen Sebagai Pusat Pendidikan Menurut Ulangan 6:1-25.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 11, no. 1 (2021): 1–18.

Baskoro, Paulus Kunto, and Hardi Budiyana. “Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Kristen Menurut Kitab Amsal Bagi Anak Usia 7-12 Tahun.” Jurnal Teologi Praktika 2, no. 2 (2021): 92–104.

Berkhof, Louis. Teologi Sitematika. Surabaya: Momentum, 2006.

Bruce, Joyce. Models of Teaching. London: Allyn & Bacon, 2000.

Engelbrecht, E. “Die Verwysing van Hupèr Eléous in Romeine 15:9.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 42, no. 1 (1986).

Gemnafle, Mathias, and John Rafafy Batlolona. “Manajemen Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (Jppgi) 1, no. 1 (2021): 28–42.

Gerlach, V.S., & Ely, D.P. Teaching & Media: A Systematic Approach. New Jersey: Prentice-Hall Incorporated, 1980.

Hamalik, Oemar. Metode Belajar Dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito, 1990.

Hetmina, Widarty. “Studi Tentang Pembenaran Dalam Kristus Menurut Roma 5:1-11.” Jurnal Luxnos 4, no. 2 (2021): 255–266.

Isnaeni, Neni, and Dewi Hildayah. “Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa.” Jurnal Syntax Transformation (2020).

Jacobs, Tom. Paulus, Hidup, Karya Dan Teologinya. Yogyakarta: Kanisius, 1983.

Mangalik, Lisdayanti Anita. “Model Pemuridan Kontekstual Untuk Membentuk Karakter Kepemimpinan Kristen Bagi Anak Remaja Milenial.” Institut Agama Kristen Negeri Toraja 1 (2020): 5.

Marantika, Chris. Doktrin Keselamtan Dan Kehidupan Rohani. Yogyakarta: Iman Press, 2002.

Mujiono. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Mendikbud, 1994.

Mulyaningsih, Indrati Endang. “Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 20, no. 4 (2014): 441.

Nur, Emilsyah. “Peran Media Massa Dalam Menghadapi Serbuan Media Online.” Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa 02 (2021): 52.

Pebrianti, Febby. “Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa: Kemampuan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Sederhana.” Jurnal UNIB (2019): 94.

Rikawati, Kezia, and Debora Sitinjak. “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif.” Journal of Educational Chemistry (JEC) 2, no. 2 (2020): 40.

Ryrie, Charles C. Teologi Dasar, Jil. 2. Yogyakarta: Yayasan Andi Offset, 1992.

Santoso, Slamet. “Mendidik Warga Gereja Melalui Seri Selamat.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen dan Musik Gereja 5, no. 1 (2021): 137–142.

Sarosa, S. “Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif.” Jurnal EQUILIBRIUM, 2012.

Sasonohardjo, P. Wiratmojo. Media Pembelajaran Bahan Ajar Diklat Kewidyaiswaraan Berjenjang Tingkat Pertama. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara, 2002.

Setiawan, David Eko. “Kelahiran Baru Di Dalam Kristus Sebagai Titik Awal Pendidikan Karakter Unggul.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 2 (2019): 154.

Setiawan, E. “KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia.” kamus besar bahasa indonesia (2019).

Suwarno, Sri. “Pembebas Di Antara Mereka Yang Terancam: Mendialogkan Filosofi Ruwatan Dengan Teologi Pendamaian Dalam 1 Yohanes 2:2 Dan 1 Yohanes 4:10.” Aradha: Journal of Divinity, Peace and Conflict Studies 1, no. 1 (2021): 39.

Tawakal, Hilmy Abidzar. “Sistem Informasi Dan Monitoring Perkembangan Janin Berbasis Android.” Jurnal Teknologi Terpadu 1, no. 1 (2015).

Utami, Andini Hernani. “Media Baru Dan Anak Muda : Perubahan Bentuk Media Dalam Interaksi Keluarga New Media and Youth: Changing Forms of Media in Family Interactions.” JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi dan Komunikasi Kepustakawanan 11, no. 1 (2021): 8.

Widyatmadja, Josef P. Yesus Dan Wong Cilik. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Zega, Yunardi Kristian. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 105–116.




DOI: https://doi.org/10.57069/haggadah.v3i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.